Bagi Sahur Sebelum Imsak, PMII Komisariat Al Ghozali Semarang Push Pahala di Bulan Puasa

 Oleh M. Yusuf I’thisom (Wakil Ketua 3 bidang Keagamaan PMII Komisariat Al Ghozali Semarang tahun 2022-2023) pada 11 April 2023. 09.40 WIB.


pmiiunnes.or.id, Semarang – Pada bulan ramadhan, umat islam di seluruh dunia bersama melaksanakan ibadah puasa. Puasa ramadhan menjadi momentum sakral karena hanya dilaksanakan sebulan sekali selama satu tahun. Pada umumnya, untuk menyempurnakan ibadah puasa ramadhan, umat islam disunahkan untuk melaksanakan sahur. Kata “sahur” berasal dari bahasa Arab dari kata “سحور” (sahur) artinya “makanan sahur” atau “makanan sebelum fajar”. Dalam rangka memuliakan bulan Ramadhan, PMII Komisariat Al Ghozali Semarang menginisasi mengadakan kegiatan dengan tajuk Bagi Sahur Sebelum Imsak atau disingkat Basah Belum.

Kegiatan bagi sahur yang diadakan PMII Komisariat Al Ghozali Semarang tersebut dilaksanakan dengan membagikan sekitar 50 nasi bungkus. Kegiatan tersebut menyasar pada masyarakat yang membutuhkan di daerah sekitar Tugu Muda, Kota Lama, Stasiun Poncol, dan Stasiun Tawang yang dilaksanakan pada Senin (10/4/2023) dini hari.

“Kegiatan bagi sahur sebelum imsak yang disingkat basah belum ini, merupakan kegiatan bidang keagamaan dengan menggandeng bidang eksternal biro sosial masyarakat. Kegiatan ini bermula atas inisasi salah seorang anggota karena melihat situasi di kampus yang mana sudah banyak kegiatan bagi takjil dan buka bersama, lantas mengapa tidak diadakan bagi sahur sekalian”, ujar Yusuf selaku wakil ketua 3 bidang keagamaan PMII Komisariat Al Ghozali Semarang.

Amang – sapaan akrab – salah satu anggota yang menginisasi kegiatan ini menjelaskan, momentum bulan Ramadan pada tahun ini juga bersamaan dengan serangkaian bulan Pergerakan dalam rangka memperingati Hari Lahir PMII Unnes yang ke-63, yang seharusnya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menebar kebaikan.

“Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak kepada anggota dan kader PMII untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan dan belajar bersama tentang realita sosial dan indahnya berbagi khususnya kepada masyarakat yang membutuhkan. Kami berharap dengan sebungkus nasi yang dibagikan dapat bermanfaat dan dapat menjadi penyemangat dalam menjalankan ibadah puasa." pesannya dalam kegiatan tersebut.





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama