Komisariat Al-Ghozali Semarang Selenggarakan Sekolah Kaderisasi Informal Pertama


Komiariat Al-Ghozali Semarang secara resmi menutup progran kaderisasi Sekolah Penggerak Organisasi (SPO) Tingkat 1 pada Minggu (18/02/2024) sore. 

Program kaderisasi Sekolah Penggerak Organisasi Tingkat 1 ini dilaksanakan dalam dua hari sejak Sabtu siang. Sementara jumlah peserta dalam kegiatan ini sebanyak 24 peserta yang terdiri dari 20 kader internal Komisariat Al-Ghozali Semarang, dan 4 orang lainnya adalah kader eksternal PMII  Komisariat Sudirman Undaris dan Komisariat Wahid Hasyim. 

Adapun materi-materi yang disajikan kepada peserta dalam sekolah kaderisasi ini meliputi materi Administrasi Organisasi, Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Organisasi, Public Speaking dan Keinstrukturan, serta materi Sistem Kaderisasi. Keempat materi tersebut diisi oleh senior-senior PMII salah satunya Syaiful Amin, S.Pd., M.Pd. yang memberikan materi mengenai Sistem Kaderisasi.

Program ini dikonsepkan dalam bentuk pelatihan dengan model ceramah interaktif, diperdalam melalui diskusi kelompok terpadu. Peserta program dipilih secara selektif dengan kualifikasi khusus sesuai dengan syarat dan prasyarat yang terlampir. 

Inisiasi program Sekolah Penggerak Organisasi dimaksudkan untuk memenuhi tantangan dinamika tata kelola organisasi di tengah arus zaman ketidakpastian. "Sekolah Penggerak Organisasi merupakan bagian dari ijtihad kaderisasi dan rekonseptualisasi mengenai konsep penyelenggaran organisasi yang ideal", ucap Dimas (Wakil Ketua Bidang Internal Komisariat Al-Ghozali Semarang) (19/02/2024). 

Ulum (19/02/2024) selaku BPH Komisariat al-Ghozali Semarang juga menambahkan bahwa, "Program ini menjadi semacam opening yang bagus bagi penyelenggaraan organisasi yang menekankan pada pemahaman perihal administrasi organisasi, tentang bagaimana semestinya organisasi itu diselenggarakan".

Kegiatan ini juga merupakan program sekolah kaderisasi pertama di PMII Komisariat Al-Ghozali Semarang sepanjang sejarah berdirinya. "Alhamdulillah, bulan ini Komisariat Al-Ghozali Semarang sudah berhasil mengadakan sekolah kaderisasi informal pertama kali sepanjang berdirinya Komisariat Al-Ghozali", terang Afiq selaku ketua Komisariat Al-Ghozali Semarang kepada media (19/02/2024) . Ia juga menambahkan bahwa terlaksananya kegiatan ini tidak lepas dari peran dan semangat luar biasa dari pengurus Komisariat Al-Ghozali Semarang dalam mengawal proses kaderisasi dalam organisasi.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama